April 8, 2020

Study Tour Aman Berkat Handy Talkie Spesifikasi Tinggi

kelompok study tour

Kegiatan wisata sekolah atau lebih sering kita dengar sebutan study tour merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dilakukan di luar kelas di mana peserta didik melakukan belajar praktek dengan melihat kehidupan nyata setelah sebelumnya di sekolah memempelajari teori – teorinya. Tempat yang di tuju biasanya berupa museum, kebun binatang, taman bermain bahkan tempat wisata alam alam seperti pantai, gunung dan danau. Selain itu juga lembaga –lembaga penelitian dan pabrik menjadi salah satu tujuan utamanya. Tujuan dilaksanakannya untuk menumbuhkan ide, inovasi, tanggung jawab, serta kedewasaan berfikir bagi peserta didiknya. Lamanya waktu study tour tergatung pada sejauh mana lokasi sekolah dengan tempat yang dituju. Jika tujuannya hanya melihat – lihat museum terdapat di tempat yang tidak terlalu jauh dari sekolah paling hanya akan memakan waktu selama satu hari, tetapi jika tempat yang dituju di seberang pulau atau di luar negeri maka akan memakan waktu berminggu – minggu.

Dalam kegiatan ini yang menjadi penyelenggara tentu saja dari pihak sekolah, tapi untuk kepanitiaannya bisa dipegang oleh guru yang dipercayai pihak sekolah. Bisa juga di serahkan kepada peserta didiknya, dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dan amanah. Banyaknya jumlah peserta didik yang ikut serta tak jarang membuat panitianya kewalahan untuk mengkoordinasi. Luasnya tempat wisata juga menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga mereka agar tidak terpisah dari rombongan. Dengan membentuk kelompok- kelompok kecil dengan satu orang yang ditunjuk untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab terhadap anggota kelompoknya dirasa cukup efektif. Namun kelompok kecil ini juga harus dikoordinasi dan dipantau keberadaannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk pemantauan kepada mereka yaitu dengan menggunakan alat komunikasi berupa handy talkie atau HT.

HT adalah alat komunikasi dua arah yang menggunakan gelombang radio. Handie talkie ini bisa menjadi pilihan karena penggunaannya yang mudah dan tidak memerlukan pulsa jadi penggunanya bisa berkomunikasi tanpa harus memikirkan pembelian pulsa. Jika ingin membeli alat ini atau meminjam di tempat rental harus mengetaui cara atau tips memilih ht yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Yang harus mejadi perhatian adalah jauh jarak jangkauannya. Dapat dilihat dari tingginya daya, semakin tinggi maka semakin luas jangkauannya. Lalu kapasitas baterai, besar atau tidaknya. Tentu semakin besar maka akan semakin tahan lama. Frekunsi dari handy talkie ini juga harus menjadi pertimbangan karena jika kita ingin melakukan pembelian atau peminjaman dalam jumlah yang banyak harus melihat frekuesinya sama atau tidak jika tidak sama maka tidak dapat dihubungkan. Berikutnya yaitu jumlah fitur yang dimilikinya, semakin bnyak fitur maka akan semakin mahal. Pilihlah yang memiliki fitur sesuai dengan tujuan penggunaan. Selanjutnya yaitu ketangguhan HT, seberapa tahan perangkat tersebut dalam menghadapi goncangan, debu bahkan air. Bisa dikatakan tangguh jika desainnya kokoh dan memiliki fitur seperti weather proof, dust proof, shoock proof dan splash proof. Aksesoris atau fitur yang memudahkan seperti senter LED, hands free dan pengait juga harus menjadi pertimbangan.

Dari beberapa penjelasan sebelumnya tentang tips memilih ht yang bagus, langkah selanjutnya adalah mencari alat tersebut. Penjualannya biasanya selain dikonter resmi kalian dapat menemukannya di toko – toko elektronik bahkan website jual beli online di internet. Handy talkie yang paling laris dipasaran dengan harga terjangkau dan kulitas yang baik yaitu TalkAbout T42.

HT ini memiliki desain yang ramping dan kompak di sertai dengan fitur yang memudahkan. Produk ini diciptakan untuk kegiatan di luar ruangan karena jangkauannya yang luas cocok sekali untuk kegiatan wisata sekolah. Perangkat ini memiliki jangkauan hingga 4 Km dan kapasitas frekuensi 22 saluran dengan 121 kode keamanan untuk pembicaraan yang lebih privasi. Baterai yang digunakan adalah baterai jenis AA. Sudah dilengkapi klip pelekat ke ikat pinggang yang memudahkan untuk dibawa.