April 8, 2020

Lengkapi Penjagaan Orang Tua oleh Perawat dengan Handy Talkie

Merawat orang tua lansia

Sebagai seorang anak tentu kita ingin menjadi anak berbakti kepada orang tua. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menujukanrasa bakti kepada orang tua yang sudah lanjut usia. Salah satunya yaitu dengan merawat mereka dimasa tuanya. Mereka yang sudah lansia menginjak usia 60 tahun keatas sudah mengalami penurunan fisik dan otak. Kondisi tubuh sudah tak sebugar dahulu lagi dan mudah terserang penyakit – penyakit degeneratif. Tak hanya itu kemampuan otak seperti mengingat sudah mulai berkurang, tak heran banyak yang sudah mengalami kepikunan. Hal tersebut mengakibatkan mereka ketergantungan dengan orang lain untuk menjalankan aktivitas sehari – harinya.

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita bekerja dari pagi hingga malam membuat keinginan untuk menjaga orang tua dirumah menjadi terhalang. Kita tidak bisa serta merta meninggalkan pekerjaan dan mencari pekerjaan lain agar memiliki banyak waktu merawat mereka. Karena dari bekerja itu juga kita memperoleh nafkah untuk membiayai hidup kita juga orang tua.Salah satu tips merawat orang tua lansia yang bisa ditempuh agar orang tua kita tetap terjaga kondisinya tanpa harus meninggalkan kewajiban bekerja yaitu dengan menyewa perawat lansia.

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa semacam ini. Namun kita juga harus berhati – hati dalam memilih perusahaan mana saja yang dapat di percaya. Untuk memilih perawat sendiri ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu pastikan anda memilih perawat yang jujur agar bisa dipercaya untuk merawat orang tua kita yang sudah lanjut usia.

Selain itu juga perawat harus memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan kesehatan. Kita harus memastikan bahwa latar belakangnya adalah tenaga medis. Pastikan juga perawat tersebut sudah berpengalaman dalam dalam menangani kebutuhannya.

Selanjutnya yaitu ada baiknya kalau perawat memiliki perangai yang baik, ramah dan sabar. Sifat tersebut penting dimiliki untuk menghadapi orang tua yang rewel, agar tenaga medis tersebut tak hanya bekerja menjalankan tugasnya namun juga bisa menjadi teman bagi mereka.

Tugas utama yang harus dilakukan para suster ini yaitu memaksimalkan kesehatan pasiennya dan mengedukasi keluarga mengenai cara merawat dan tindakan medis yang harus dilakukan saat darurat. Kemudian menjaga agar tetap beraktivitas walaupun terserang penyakit. mengontrol obat dan makan, memastikan makanya bergizi sesuai dengan saran dokter. Membantu mengontrol kesehatan pasiennya melalui pemeriksaan vital seperti tekanan darah, gula darah dan lain sebagainya. Selain itu juga mental pasiennya harus dukung dengan cara memotivasi sehingga tidak merasakan sendiri dan mengurangi rasa sakit oleh penyakit yang dideritanya. Yang terakhir yaitu berkomunikasi dengan pasien agar tidak merasakan yang namanya kesepian yang dapat berdampak buruk pada kesehatannya.

Namun terkadang perawat tidak selalu berada di dekat pasiennya. Ada kegiatan lain yang harus tetap dilakukan seperti membuatkan makanan sampai membelikan obat di warung terdekat. Hal yang dikhawatirkan dapat terjadi yaitu apa bila lansia membutuhkan pertolongan tetapi susternya sedang tidak berada disampingnya. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada rang tua anda. Untuk menyikapinya kita bisa membuat perawat terus terhubung dengan orang tua kita melalui alat komunikasi berupa handy talkie atau HT.

HT ini merupakan alat komunikasi dua arah atau istilahnya two –ways. Terhubung melalui gelombang radio. Tak hanya bisa digunakan untuk kegiatan luar saja namun untuk kegiatan indoor juga sangat membantu. Untuk memaksimalkan penjagaan dan kita bisa menjadi anak berbakti kepada orang tua dengan seutuhnya. Adapun HT yang bisa menjadi pilihan yaitu TalkAbout T42 dari Motorola Solutions.

Alat ini memiliki jangkauan yang luas yaitu bisa mencapai 4 Km, sudah lebih dari cukup untuk penggunaan di area sekitar rumah. Baterai yang digunakan pun terbilang sangat mudah ditemukan karena perangkat ini menggunakan baterai AA, jadi hanya perlu mengganti dengan baterai yang baru saat baterainya habis tanpa harus repot-repot mengisi ulang dayanya.